Senin, 18 April 2016


hei hei hei, disini gue mau berbagi info dari pembuatan game. ternyata dari pembuatan game itu ada dasar-dasarnya dan berbagai alur.. oke deh langsung aja yuk ah... 


Skenario


   Mengapa kita memerlukannya dalam pembuatan game ? tentu saja kita memerlukannya, skenario ini memudahkan kita dalam pembuatan game. Pengertian umum  dari skenario adalah urutan dasar peristiwa yang dirangkai agar sesuai dengan keinginan kita. Jadi dengan adanya skenario, kita akan tau langkah-langkah apa yang kita harus lakukan. Dalam sebuah game, skenario lebih dikenal sebagai blueprint/rancangan dari game yang akan kita buat dan dinamakan sebagai GDD (Game Design Document). GDD tersebut merupakan acuan yang digunakan oleh para anggota tim pengembang dalam pembuatan game.   


   Dalam membuat game besar atau dalam artian game yang ingin dibuat ini game yang kompleks, kita memerlukan adanya tim perancang game, tim ini melakukan perancangan pada game yang ingin dibuat. Ada empat bagian dalam perancang game, yaitu :

  • Pemimpin Desainer (Game Leader Designer)
   Banyak orang yang menggerakan konsep game tersebut menjadi lebih menarik dan membuat game tersebut memiliki nilai artistik didalamnya.
  • Mekanis Desainer (Game Mechanic Designer)
Orang yang membuat suatu aturan di game.
  • Lingkungan Desainer (Game Environment Designer)
   Orang yang bertanggung jawab dalam membuat lingkungan permainan, agar pada sebuah game menjadi lebih seperti nyata.
  • Writter
   Seseorang yang bertanggung jawab dalam membentuk suatu narasi dalam game. Dimulai dari alur cerita, hingga apa saja yang harus dilakukan pemain pada saat memainkan game tersebut.



Script 

Script atau bahasa script adalah bahasa pemrograman komputer yang diterjemahkan secara khusus/khas, yang digunakan untuk membuat instruksi yang akan dikerjakan komputer.

Disini sangat dibutuhkan terjemahan, karena komputer hanya mengerti biner yaitu (0,1), jadi script yang berisi instruksi-instruksi yang kita buat harus diterjemahkan, namun tenang saja script yang diterjemahkan tidak akan merubah isi dari instruksi aslinya.

Jadi script pada game umumnya berisi instruksi-instruksi untuk membuat sebuah aturan (rules) yang mendetail agar kita bisa tau cara memainkan game tersebut.

Ada beberapa syarat yang harus diperhatikan ketika memilih bahasa pemrograman untuk membuat game, diantaranya :
  • Speed
Ketika kita akan membuat suatu game dengan suatu level, pasti secara logikanya suatu perilaku karakter dan rintangan yang terdapat didalamnya akan berbeda. Jika, kita menggunakan bahasa script yang lambat, maka akan memakan waktu yang cukup lama untuk membuatnya.

  • Kompilasi dan Interpretasi
Interpreter akan melihat script setiap baris, serta penyusunan sesuai maksud dari script itu sendiri dan melakukan tindakan yang spesifik.  Suatu byte akan terkompilasi, dan akan dikonversi atau diubah dari teks menjadi suatu byte code. Byte code biasanya lebih padat jika dibandingkan dengan format teks. Kode byte dalam suatu format akan lebih optimal ketika dieksekusi, sehingga dapat berjalan lebih cepat.

  • Ekstensibilitas dan Integrasi
Bahasa script sangat dianjurkan mempunyai akses ke fungsi yang signifikan ke dalam sebuah game. Sebuah script untuk mengendalikan sebuah karakter misalnya, harus dapat memiliki kemampuan untuk menanyai game untuk mencari tahu apa yang bisa dilihat dan selanjutnya membiarkan game mengerti apa yang harus dilakukan untuk melakukan aksinya. Oleh karena itu, hal ini penting untuk memiliki sebuah bahasa yang dapat dengan mudah memanggil fungsi atau menggunakan kelas main code dalam sebuah game.

  • Re-Entrancy
Fungsi ini sering berguna untuk memanggil script secara ulang sehingga bisa digunakan kembali. Selain itu fungsi ini dapat berjalan untuk sementara waktu, dan ketika waktu telah habis maka script bisa ditunda. Dan jika script selanjutnya memiliki waktu lagi, maka akan menjalankan kembali script yang telah ditunda sebelumnya.



Storyboard

Oke sekarang kita masuk ke storyboard, hhmm disini bakal ngabahas dari alur gamenya.. oke langsung aja yuk..

Apa sih itu storyboard bro ?
Storyboard adalah visualisasi ide dari aplikasi yang akan dibuat, sehingga dapat memberikan gambaran dari aplikasi yang akan dihasilkan. Storyboard dapat dikatakan juga visual script yang akan dijadikan outline dari sebuah proyek, ditampilkan shot by shot yang biasa disebut dengan istilah scene.

Stroyboard game disetiap game tidak semua sama, tergantung dari aliran game yang dibuat, contohnya game racing, pada storyboardnya hanya berfokus pada posisinya yang ditempati saja, lalu pada game arcade, itu berfokus pada point yang diraih saja, DLL.





Referensi :


0 komentar:

Posting Komentar