Rabu, 22 Juni 2016

Game Online


CLASH OF CLANS (COC)

Pernahkah kamu mendengar aplikasi permainan populer Clash of Clans (COC)? Atau apakah kamu salah satu ‘penggila’ game ini?

Tidak bisa dipungkiri jika game yang dirilis pertama kali pada 2 Agustus 2012 ini memang layak disebut “game sejuta umat”. Saking populernya, hampir semua orang sangat tergila-gila dengan permainan ini. Mereka juga tak segan-segan mengabaikan semua aktivitas keseharian mereka demi memainkan game ini. Apakah kamu termasuk demikian?


Apa sih itu Clash of Clans ???
Clash of Clans (COC) merupakan sebuah game multiplayer online di mana seorang pemain membangun komunitas, melatih pasukan, dan menyerang pemain lain untuk mendapatkan emas dan obat mujarab, dan Dark Elixir, yang dapat digunakan untuk membangun pertahanan yang melindungi diri dari serangan pemain lain, dan untuk melatih dan meningkatkan kekuatan tentara.


Menurut Supercell, Clash of Clans adalah 'Sebuah Permainan Strategi Tempur Epic’. Permainan ini membutuhkan pemikiran, perencanaan dan pengelolaan sumber daya yang cermat untuk bisa sukses. Pemain juga harus bekerja keras untuk merencanakan dan membangun desa dari awal, menyiapkan pertahanan yang diperlukan untuk menangkis serangan musuh dan membuat tentara semakin kuat.

Dimulai dari tahun 2012, game coc mulai merangkak naik menjadi salah satu dari game terpopuler di kalangan gamer indonesia, kal nggak percaya coba lihat saja, dari anak bau kencur sampe orang dewasa yang bau badan hehe... pada demen ama game yang mempunyai nama panjang Clash of clans ini. tapi sebagai gamer coc nggk afdol kal nggk tau sejarahnya... berikut simbah sajikan sejarahnya nih game

Clash of Clans awalnya dibuat hanya untuk sistem operasi mobile pada platform iOS saja. Game ini resmi dirilis pertama kali pada tanggal 2 Agustus 2012. Dalam jangka waktu setahun, COC menunjukkan grafik pemakai yang meningkat secara signifikan, bahkan bisa dibilang game Clash of Clans sangat sukses dipasaran. Tentunya hal ini membuat heboh dan panik para rivalnya yang juga merilis game strategi sejenis.

Singkat cerita, Supercell tak mau melewatkan kesempatan itu, akhirnya mereka pun memperluas platform setelah sebelumnya melakukan beberapa riset pasar games selama beberapa bulan. setelah era ngetopnya angry bird dan temple run dan hasilnya pundi2 uang yang didapat oleh 2 vendor tersebut, akhirnya supercell membuat strategi untuk memperluas platform yang didukung oleh game ini. Mulai tahun 2013 kemarin, sistem operasi android adalah satu-satunya pilihan yang sangat menguntungkan. Melihat juga banyaknya pengguna dari kalangan menengah ke bawah yang jumlahnya terus bertambah dengan pesat. Dan pada akhirnya, mereka (supercell) merilis resmi clash of clans versi android pada tanggal 7 Oktober 2013. 



User Interface COC
Clash Of Clans menggunakan tampilan dengan posisi landscape sehingga pengguna lebih nyaman memainkannya dengan tampilan yang lebar sehingga area yang luas bisa terlihat dengan jelas. Pada awal permainan, Anda akan disuguhkan panduan mengenal dasar-dasar cara memainkannya. Tampilan awal game memperlihatkan informasi mengenai resource kita seperti informasi kastil, gold dan informasi lainnya. 




Dampak Potisif dan Negatif
Positif (+) :

  1. Pemain akan belajar bahwa butuh investasi waktu, tenaga dan kesabaran untuk meraih kesuksesan
  2. Pemain akan mengalami rasa puas yang tak terkira melihat sesuatu yang terjadi sesuai rencana
  3. Pemain dapat belajar tentang konsekuensi (atau imbalan) dari pengambilan risiko
  4. Pemain mengembangkan kemampuan untuk menganalisis informasi dan membuat keputusan
  5. Pemain berpartisipasi dalam pembelajaran berdasarkan pengalaman tanpa benar-benar menderita konsekuensi dari pengambilan keputusan yang buruk
  6. Pemain mempelajari kemampuan untuk mengatasi hal buruk dan bagaimana untuk bangkit dan pulih dari masalah tersebut
  7. Pemain mempelajari nilai ketekunan dan belajar dari kesalahan
  8. Pemain mendapatkan pengalaman dari kerjasama kolaboratif dengan pemain lain

Negatif (-):
  1. Kita menjadi ketagihan/kecanduan sehingga lupa makan dan tidur
  2. Menghambat tugas, ini yang gue rassain ketika gue udah pegang hp dan bermain coc
  3. Melupakan lingkungan sekitar, ini juga salah satu dari dampak negatif. Bagaimanapun sosialosai itu penting
  4. Malas, maunya hanya maen aja terus.
  5. Battery HP habis, ini salah satu kalau terlalu sering maen COC. Boros battery, lambat laun battery akan cepat rusak.


 Keunggulan dan Kekurangan

       Keunggulan :


  1.       Banyak Troops/karekter dan kelebihan dari masing-masing Troopsnya.
  2.       Bisa membuat Clan
  3.       Bisa perang antar Clan lain
  4.       Bisa Revenge/balas dendam ke musuh yang menyerang desa kita
  5.       Bisa mengajak teman satu Clan untuk mengetes seberapa kuatnya base yang kita buat

Kekurangan :
  1.       Terlalu lama untuk meng-upgrade setiap Troops
  2.       Tidak real time
  3.       Jumlah penyimpanan loot pada Townhall meningkat drastis sedangkan pada storage berkurang
  4.     Shiled tidak aktif saat Townhall langsung hancur (biasanya shield langsung aktif 12 jam, terpaksa harus dimasukkan)
  5.       Semakin sulitnya untuk nge-loot.


    
     CLASH ROYALE

     Suksesnya game Clash of Clans membuat pengembangnya yaitu Supercell kembali membuat game serupa dengan nama Clash Royale. Bisa dibilang Clash Royale merupakan spin-off dari game Clash of Clans (COC) yang artinya mengambil tema atau karakter mirip dengan COC.
     Meski demikian, konsep permainan yang ditampilkan Clash Royale berbeda dengan Clash of Clans. Walaupun sepintas mirip, Supercell menegaskan bahwa Clash Royale bukanlah kelanjutan dari Clash of Clans. Dua game ini dibuat oleh tim yang berbeda dan memiliki konsep berbeda pula.


   User Interface
     Clash Royale menggunakan tampilan dengan posisi portrait dan bukan landscape sehingga pengguna lebih nyaman memainkannya tanpa repot memegang smartphone menggunakan dua tangan. Pada awal permainan, Anda akan disuguhkan panduan mengenal dasar-dasar cara memainkannya. Tampilan awal game memperlihatkan informasi mengenai resource kita seperti informasi kastil, gold dan informasi lainnya. Namun yang berbeda dari game ini adalah kita tidak disuguhkan area yang luas seperti di permainan Clash of Clans tapi sebuah arena kecil yang merupakan tampilan medan perang yang ukurannya bisa dibilang mungil.

     Fitur
    Awal permainan, Anda akan dilatih menuntaskan misi-misi sederhana sebagai tantangan. Sebelum masuk ke permainan utama, Anda meski menuntaskan 10 misi dalam proses training tersebut.
    Clash Royale memang menggunakan beberapa karakter yang sama dengan Clash of Clans, seperti knight, archer, bomber, musketeer, goblin, giant, hingga sang archer queen. Masing-masing karakter ini memiliki keunggulan serta kelemahan berbeda. Perbedaan ini memungkinkan pemain untuk mengatur strategi serangan guna memaksimalkan kemampuannya.
    Hampir sama dengan Clash of Clans, Clash Royale ternyata memiliki 3 genre seperti trading card game, tower defense, dan MOBA (multiplayer Online Battle Arena). Yang membuatnya berbeda dengan Clash of Clans, adalah pasukan di Clash Royale memiliki bentuk unik seperti kartu. Pengguna akan terlibat pertarungan sengit dengan mengumpulkan kartu karakter. Pemain harus mengumpulkan Battle Deck dengan berbagai strategi tertentu agar bisa memenangkan pertempuran dengan lawan.
    Kinerja
     Clash Royale bukan merupakan game yang butuh spesifikasi tinggi. Memiliki file sekitar 87 MB untuk platform Android, game ini juga mengharuskan menggunakan minimal sistem operasi Android versi 4.0 keatas.
    Karena merupakan game yang dimainkan secara real-time, Pastikan bahwa Anda memiliki koneksi internet stabil saat memainkan game ini, guna menghindari putusnya koneksi. Hal ini pula yang membuatnya tidak bisa di pause saat pertarungan sudah dimulai. Koneksi internet juga memungkinkan untuk bertarung dengan pemain lain dari seluruh penjuru dunia. Selain itu juga, koneksi internet dibutuhkan untuk mencatatkan nama pemain yang berhasil meraih nilai tertinggi diantara pemain-pemain lain.
    Inovasi
    Game yang berjenis tower defense bukanlah hal yang baru, namun Clash Royale hadir dengan tampilan serta gameplay menarik. Apa yang dihadirkan oleh Clash Royale  merupakan versi lain yang lebih sederhana dibanding Clash of Clans yang sudah lebih dulu populer. Meski sederhana, gameplay yang dihadirkan tetap menarik dan mampu membuat pemain menjadi kecanduan. Apalagi game ini bisa dimainkan dengan pemain lain, sehingga membuat permainan menjadi lebih kompetitif yang tentu saja lebih mengasyikkan dibanding hanya memainkan sendiri.

    Dampak Potisif dan Negatif
       Positif (+) :
  1.    Pemain akan belajar bahwa butuh investasi waktu, tenaga dan kesabaran untuk meraih  kesuksesan
  2.        Pemain akan mengalami rasa puas yang tak terkira melihat sesuatu yang terjadi sesuai rencana
  3.        Pemain dapat belajar tentang konsekuensi (atau imbalan) dari pengambilan risiko
  4.        Pemain mengembangkan kemampuan untuk menganalisis informasi dan membuat keputusan
  5.      Pemain berpartisipasi dalam pembelajaran berdasarkan pengalaman tanpa benar-benar          menderita konsekuensi dari pengambilan keputusan yang buruk
  6.        Pemain mempelajari kemampuan untuk mengatasi hal buruk dan bagaimana untuk bangkit dan  pulih dari masalah tersebut
  7.        Kita bisa mempelajari nilai ketekunan dan belajar dari kesalahan
  8.        Kita juga mendapatkan pengalaman dari kerjasama kolaboratif dengan pemain lain


       Negatif (-):
  1.       Kita menjadi ketagihan/kecanduan sehingga lupa makan dan tidur
  2.       Menghambat tugas, ini yang gue rassain ketika gue udah pegang hp dan bermain Clash Royale
  3.       Melupakan lingkungan sekitar, ini juga salah satu dari dampak negatif. Bagaimanapun               sosialosai itu penting
  4.       Malas, maunya hanya maen aja terus.
  5.      Battery HP habis, ini salah satu kalau terlalu sering maen Clash Royale. Boros battery, lambat laun battery akan cepat rusak.
    Keunggulan dan Kekurangan:
Keungulan:
1.      Bisa Menyerang Musuh Secara Real Time
    Yaps, kelebihan yang paling utama dari Clash Royale ini adalah kita bisa menyerang musuh kita secara real time. Apa itu real time? setelah bang andro ketik di google translate, ternyata ‘real time’ itu artinya adalah waktu nyata. Woow.
     Jadi maknanya, kita bisa menyerang musuh dalam waktu yang bersamaan dengan musuh tersebut. Ini layaknya kita bermain catur, dimana kita tidak menyerang secara sepihak melainkan kita saling serang dengan musuh kita.
2.      Waktu Upgrade Pasukan Tidak Selama Di COC
      Kelebihan lainnya adalah setika kita upgrade pasukan. Di game COC, untuk mengupgrade pasukan kita membutuhkan waktu sampai berhari-hari. Namun di clash royale kita bisa mengupgrade pasukan hanya dalam 1 waktu saja.
3.      Ragam Pasukan Yang Lebih Banyak 
      Dalam game Clash Royale, sebagian troops atau pasukan di adopsi dari game COC seperti goblin, skeleton, arcer, pekka, golem dan masih banyak lagi. Namun selain dari semua troops dari COC, juga terdapat troops baru seperti musketeer, prince, knight dan yang lainnya.
     Jadi anda harus pintar-pintar dalam mengkombinasikan troops yang ada untuk dapat bertahan dan menyerang sehingga tower musuh dapat dihancurkan.
4.      Bisa Mengirim Pesan (Chat) Kepada Musuh
     Ketika kita bertarung, kita dapat mengirimkan pesan berupa text (chat) kepada musuh kita. Chat yang kita kirim sudah disediakan oleh game seperti Good Luck, well played, wow!, thanks dan yang lainnya. 


Kekurangan :
1.      Tidak Bisa Bertarung Antar Clan
    Ini yang sangat saya sesalkan dalam game baru supercell, dimana kita tidak bisa bertarung langsung antar clan. Kita hanya bisa membentuk clan untuk sekadar berdiskusi, share replay pertarungan, atau bertarung dengan teman antar clan. Juga bisa berbagi kartu layaknya berbagi troops di COC.
     Namun tetap saja, itu tidak terlalu memenuhi hasrat para veteran game COC ketika memalingkan perhatiannya ke game Clash Royale.
2.      Tidak Bisa Mengatur Pertahanan Benteng Sendiri
     Dalam COC, kita mengenal adanya fitur edit base dimana kita bisa mengatur tata letak desa kita sendiri untuk pertahanan dari serangan musuh. Tentunya kita bisa mengatur strategi bertahan kita sehebat mungkin dari kemungkinan-kemungkinan serangan yang akan dilancarkan musuh apabila musuh datang menyerang.
    Namun di Clash Royale, kita hanya disediakan 3 buah tower yang harus kita pertahankan dari serangan musuh. Itupun tempatnya sudah ditetapkan dan terkesan monoton.
3.      Kemampuan Hanya Bisa Dilihat Dari Tinggi Level
   Dalam Clash Of Clan, kita bisa mengetahui ketangguhan lawan lewat base yang dia miliki. Semakin besar dan tinggi level item pertahanan milik musuh, semakin tangguh basenya. Namun, dalam clash royale, yang menjadi pembanding hanyalah level dan kekuatan troopsnya saja.
4.      Tidak Bisa Memilih Musuh
     Mencari musuh di Clash Royale berbeda dangan di COC. Di COC, kita dapat memilih-milih mana musuh yang sekiranya mudah untuk diserang. Namun di Clash Royale, sekali kita mencari musuh maka langsung disediakan 1 lawan yang mau tidak mau harus kita lawan.




Game Offline


PES (Pro Evolution Soccer) 2015


    Ok guys, siapa yang gak tau  game ini.. hampir semua cowok-cowok suka maenin bola, eehh maksudnya maen bola hehehe.,.
     Menjelang penghujung 2014, para penggila bola kembali disibukkan pada pemilihan game mana yang hendak dimainkan dalam satu musim kedepan. 


User Interface
      Tampil baik dengan UI menyamping selama beberapa edisi sampai PES2013, kemudian berpaling menggunakan ‘unfriendly UI’ di PES2014 melengkapi poin minus PES2014. Belajar dari hal tersebut, Konami Digital Entertainment Gmbh di Windsor mengobrak abrik interface PES tahun ini. Mengikuti perkembangan dan trend dalam sektor interface, Konami menerapkan ‘Metro Design’ kedalam PES2015. 
  Overall, tampilan PES2015 terlihat jauh lebih fresh dan lebih user friendly ketimbang pendahulunya, selain itu, kita juga diperbolehkan mengatur sendiri tatanan menu pada homescreen sesuai yang kta inginkan, Konami menamai fitur ini dengan ‘Dynamic Home Screen’. Tampilan menu PES2015 ini dibagi kedalam beberapa tab yang masing-masing memiliki konten yang berbeda.

Grafis
     Pada umumnya permasalahan grafis adalah pertimbangan utama para gamer akan membeli game yang mana. Sebagai game yang mengakar pada dunia nyata, dengan pelaku yang biasa kita lihat pada layar kaca setiap harinya maka tidak mengherankan apabila PES dan Fifa berlomba-lomba untuk menyajikan grafis yang semirip mungkin dengan dunia nyata.
     Tidak hanya berkisar pada tekstur wajah saja, tetapi pada grafis-grafis minor seperti gerakan baju yang mengikuti gerakan tubuh pemain, tekstur lapangan, hingga mimik wajah pun coba ditampilkan guna menghasilkan grafis yang semirip mungkin dengan dunia nyata.

Gameplay
     Responsif. Kata itu merupakan kata yang pertama kali ada di dalam benak kami ketika mencoba match pertama di PES 2015. Pergerakan pemain lebih lentur dan lebih mudah melakukan dribbling dibanding PES 2014. Setiap passing yang kita lakukan diimplementasikan dengan baik oleh Konami kedalam game, membuatnya terasa begitu nyaman terumata ketika melakukan possession. Shooting, di PES 2015 lebih variatif. Sama seperti passing, shooting yang kita lepaskan di PES 2015 juga bergantung pada power dan arah yang kita tuju. Bola tidak selalu melambung dan tidak pula selalu menyusur tanah ketika ditendang. 



Dampak Potisif dan Negatif
Positif (+) :
1.      Merasa senang karena bisa main dengan puas
2.      Semangat jadi bertambah
3.      Tidak terpengaruh pergaulan yang salah
4.      Menambah kreatifitas otak kanan
5.      Mengurangi stres yang menggangu pikiran

Negatif (-):
1.      Kita menjadi ketagihan/kecanduan sehingga lupa makan dan tidur
2.      Menghambat tugas atau pekerjaan kita
3.      Hidup kotor bahkan sampai lupa mandi
4.      Malas, seharian bisa betah main laptop.
5.      Isolasi diri, bisa membuat kita memilih mengisolasi dirinya dari dunia luar





Keunggulan dan Kekurangan:
Keungulan:
1.  Grafiknya PES 2015 mengalami peningkatan yang signifikan,terutama face dan body pemain dan lekukan bajunya.
2.      Gameplay ada peningkatan dari seri pes sebelumnya, lebih enak dan responsif.
3.      Reflek kiper juga ada peningkatan
4.      Exspresi pemain ketika minta bola. Fitur yang tidak ada di game “sebelah”
5.      Efek suara pemain ketika di tackle.
6.      Tampilan menu metro style
7.      OST nya mantap
8.      Efek cuaca lebih lengkap
9.      Komposisi ffek Sinar/ dynamic light di siang hari mantap, sehingga lebih real.
10.  Animation scene dan replay halus

Kekurangan :
1.      Tampilan edit formasi tidak ada perubahan berarti
2.      Passing dan shot terlihat kaku dibandingakn PES 2013.
3.      Shoot / kick indicator lebay (berlebihan)
4.      Jaring gawang mengalami downgrade
5.      Efek penonton terlalu berlebihan
6.      Tidak ada cutscene.
7.      Gerakan pemain kadang kadang cepat sendiri.



GTA V (Offline)

     Hhmm siapa sih yang gak kenal game ini, dulu sangat jadi favorite para pemain PS 2. Dulu di PS 2 namanya GTA San Andreas.
     Kalau saya sendiri suka game ini karena asyik aja dengan misi-misinya, menantang gitu..
   Setelah sempat menjadi tanda tanya selama beberapa bulan terakhir ini, Rockstar akhirnya membuka tabir misteri dari proyek ambisiusnya – Grand Theft Auto V. Seri terbaru dari salah satu franchise open-world terbaik di industri game ini memang memancing rasa penasaran.
     Bagaimana tidak? Diperkenalkan lewat serangkaian teaser dan screenshot, Rockstar belum pernah secara terbuka membicarakan gameplay GTA V itu sendiri


User Interface
1.      Minimap
     Menampilkan sekitarnya, termasuk musuh, sekutu, objecrives yang Anda butuhkan untuk mencapai dan toko-toko yang tersedia , kegiatan dan misi. Kita bisa memperbesar keluar dengan menekan tombol bawah pada D – pad.
2.      Healthbar
      Menampilkan level saat ini kesehatan karakter. Setelah mencapai nol, karakter Anda akan bangun di rumah sakit tempat pembayaran akan dikenakan biaya untuk tinggal .
3.      Armor bar
    Ketika Anda membeli sebuah baju besi di Ammu-Nation, kita akan menerima perlindungan dari tembakan. Masing-masing ditembak mengambil beberapa bar pertama, bukan bar kesehatan. Panjang bar tergantung pada jenis armor yang Anda beli.
4.      Kendaraan pilihan / lokasi / karakter
      Di sini, kita akan melihat nama kendaraan dan nama daerah yang saat ini kita berada, akan ditampilkan. Sedangkan pada misi yang mencakup lebih dari satu protagonis, ikon dari protagonis yang tersedia juga akan ditampilkan.
5.      Amunisi
                   Jumlah amunisi untuk senjata saat ini digunakan. Digit pertama adalah angka gabungan                 dan abu-abu adalah jumlah peluru dalam klip.



Dampak Potisif dan Negatif
Positif (+) :
1.      Merasa senang karena bisa main dengan puas
2.      Semangat jadi bertambah
3.      Tidak terpengaruh pergaulan yang salah
4.      Menambah kreatifitas otak kanan
5.      Mengurangi stres yang menggangu pikiran

Negatif (-):
1.      Kita menjadi ketagihan/kecanduan sehingga lupa makan dan tidur
2.      Menghambat tugas atau pekerjaan kita
3.      Hidup kotor bahkan sampai lupa mandi
4.      Malas, seharian bisa betah main laptop.
5.      Isolasi diri, bisa membuat kita memilih mengisolasi dirinya dari dunia luar



Keunggulan dan Kekurangan:
Keungulan:
1.      Gambar lebih hidup
2.      Efek cahaya terlihat natural
3.      Efek darah sangat hidup
4.      Semua kendaraan lengkap
5.      Sangat Realistis
6.   Saat mengendarai kendaraan bisa diubah Cameranya, sehingga seolah-olah kita sedang mengendarai beneran.

Kekurangan :
1.      Kota cukup kecil
            2.   Tidak banyak Cheat yang tersedia (Seperti cheat senjata dan Pesawat Tempur tidak ada)








Referensi :





0 komentar:

Posting Komentar